5 Masakan Cepat dan Praktis

… yang disukai L.

Sebagai Ibu dengan kemampuan masak yang minimalis tapi tetep berusaha masak setiap hari, mendapati anak makan lahap sampe nambah itu adalah rejeki. Padahal menu yang biasanya saya masak sehari-hari juga cuma seputar tumis dan sup.

L memang suka sayuran sejak bayi. Ketika usianya 6 bulan, makanan pertamanya adalah brokoli kukus. Kemudian berturut-turut dikenalkan dengan sayuran yang lain. Semua makanannya saya bentuk finger foods agar dia bisa makan sendiri. Baby Led Weaning, namanya. Tentu saja ada pro dan kontranya, tetapi melihat L yang sehat, senang dan tidak pilih-pilih makanan, rasanya metode itu bisa dikatakan berhasil untuknya. Saya pun tak pernah memberikannya bubur atau kerepotan menyuapi ketika makan di luar.

L, 6 bulan.

L, 6 bulan.

Selain tidak terlalu jago masak, saya ini tukang masak musiman. Kalo lagi niat banget ya bisa bikin bubur ayam kumplit, kalo lagi males ya udah tinggal cemplungin ayam, masukin wortel bikin sup.

Berikut beberapa makanan yang gampang (dan mudah-mudahan gizinya mencukupi), cepet dan disukai oleh L:

1. Sup Ayam.Β 

Cuma perlu membersihkan ayam (beli yang sudah potongan), mengupas wortel dan menambahkan kol. Bumbunya juga cuma bawang putih, merica, garam, kemiri. Masukan semua sayuran ke ayam yang sudah direbus. Kuahnya gak usah diganti. Jadi gak perlu nambahin kaldu bubuk. Udah cukup pake kaldu dari rebusan ayam. Gak pake kentang karena makan pake nasi. Kalo pake kentang, karbo nya jadi double nanti.

2. Tumis Kangkung.

Biasanya saya numis dua kali. Satu untuk L yang gak pake cabe, satu lagi untuk kami, yang cabenya satu gerobak. Lauknya macem-macem. Kalo lagi rajin bisa bikin sambel goreng ati kalo lagi ala kadarnya, cuma goreng tahu aja. Tumis kangkung idola keluarga.

3. Sup Bayam.

L gak suka bayam merah. Karena katanya ‘kotor’. Ya karena bayam merah jadinya kuahnya warna merah dong ah gimana sih. Jadi biasanya beli bayam yang ijo aja. Biasanya saya campur pake bakso ikan. Kadang dengan salmon, atau kadang cuma dicampur pake telor dan jagung.

4. Tumis buncis.

Ini masakan paling cepet dan gampang menurut saya, dan enak (sampe biasanya nambah 2 kali) menurut L. Padahal bumbunya cuma bawang putih cincang sama garem aja. Biasanya juga saya campur dengan bakso ikan. Ini yang paling disukainya.

5. Scrambled Egg.

Jawaban paling sering untuk pertanyaan ‘L mau makan apa?’ – ‘Scrambled egg‘. Ada dua cara menyajikan scrambled egg untuk L. Pertama, scrambled egg dengan roti. Kedua, scrambled egg dengan nasi, terkadang saya bikin seperti nasi goreng. Dengan bawang putih cincang, telur dan abon.

Lumayan ya masak gitu-gitu doang tapi anak seneng. Padahal dulu saya gak bisa masak lho. Boleh deh tanya suami saya. Gimana dulu dia menertawakan saya ketika melihat saya mengupas dan mencincang bawang. Gak bisa. Tapi itu dulu. Sekarang, sini mau dimasakin apa? Kalo agak susah, bentar, nyari resepnya dulu di NCC ya :p

Hidup jauh dari keluarga dengan tidak ada bantuan dari ART membuat saya ‘terpaksa’ memasak. Kalo gak ‘dipaksa’ mungkin saya gak tau saya bisa masak. Jadi kalo ada yang bilang ‘ah aku gabisa masak’, salah itu, semuanya bisa kok. Apalagi sekarang sumber resep udah banyak banget kan. One click away.Β 

Yang membedakan cuma mau apa enggak. Males apa enggak. Kalo saya sih ya masih musiman aja. Kadang semangat masak sampe pinggang mau jebol, kadang kalo lagi banyak PR dan males masak ya mending beli saba fish set di hawker center πŸ˜€

Eh, boleh dicoba lho makanan cepat-murah-gampang-dan-semoga-bergizi di atas πŸ˜€

Ribbet collage

Cheers,

A

Advertisements

7 thoughts on “5 Masakan Cepat dan Praktis

  1. Jeng, gw berharap laki gw dan Jasmine makannya sama kaya Lemon, gampang. Tentu lebih indah lagi dunia gw! Btw, lemon suka kangkung? Wooooow!!!! Umur brp belajar makan kangkung? Jasmine blm pernah gw kasih soalnya :))

    • Hahah Jasmine sukanya apa, Vin?
      Gue lupa deh tapi kalo gak salah mulai dia satu tahun udah makan yang sama kayak kita, cuma waktu itu kalo kangkung ya dicincang lebih kecil-kecil biar gampang ngunyahnya.

      • Jasmine sayur cuma suka sop sama bayem, kangkung blon pernah gw kasih. Mau kasih tapi pahit ga sih? Brokoli jasmine aja ga suka, makanya seneng deh sm nafsu makannya Lemon. Sayur apa aja suka, sehat! πŸ˜€

  2. iya bener, jauh dari keluarga & tak ber-art emang maksa belajar masak.. anyway, as a newbie yah, aku bisa bikin semur ayam aja happy banget hihihihi..

  3. pamer resep semur ayam gampilan, dan menurut Menik enak hahaha..

    Bersihin ayam, taruh di wajan besar, peresin jeruk nipis atau lemon. Diemin dulu, sambil nunggu ulek bawang putih sama merica butiran dikit aja. Nyalain api, masukin bumbu ulek, aduk rata. Tuangin kecap yang banyak haha sesuai selera aja, sih. Kalo ada ABC Gold lebih endes. Kasih air secukupnya, tunggu mendidih. Cicipin, tambahin garam gula sesuai selera, masak sampai ayam matang, daaann selamat makaaann! πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s