Aplikasi Smartphone yang Wajib Ada

Manusia abad 20 itu kan sukanya yang praktis ya. Semuanya serba instan. Semuanya serba cepat. Kondisi kehidupan memburuk karena BBM naik aja kan kita dengan cepat menyalahkan presiden ya, tanpa melihat lebih luas sebab akibat dari semua yang terjadi sekarang ini #eaaa.

Eh bentar, sebelum ngelantur kemana-mana, enggak kok, saya bukan simpatisan Jokowi. Rugi kalo jadi pemujanya, bisa jadi nanti tidak obyektif dalam menilai kerjanya. Ya bareng-bareng aja yuk didoain semoga pemerintahan ini bisa membawa rakyatnya ke arah yang lebih baik. Perlu waktu pastinya. Lama. Gak bisa instan kalo yang ini sih. Tergantung rakyatnya juga mau diajak maju apa enggak. Kalo cuma buang sampah dan antri aja masih susah ya gimana dong. Kalo cuma bisanya maki-maki di halaman facebook, ya gak bakalan kemana-mana juga kan.

*kemudian ngelantur beneran*

Anyway, ini maksudnya saya sih mau share beberapa aplikasi wajib menurut saya yang harus ada di ponsel. Kenapa awalnya ngomongin soal instan? Yaiya, kan sekarang kita ini dimanjakan sama yang instan-instan. Mau cari tau review hotel A, tinggal one click away. Mau edit foto supaya hidung agak mancungan dikit, ya gak usah buka photoshop. Banyak aplikasi yang ditujukan untuk itu. Teknologi memang memudahkan ya. Saya sih selama bisa meraup keuntungan sebanyak-banyaknya, ya nikmati saja. Asal tidak berlebihan. Ingat selalu kata mbak Vety Vera pokoknya; ‘yang sedang-sedang saja’.

Here we go!

1. Beberapa media sosial dan aplikasi messenger.

Facebook, Instagram, Path, Goodreads dan Pinterest adalah yang paling sering saya gunakan. Yang paling private memang Path. Beberapa moments saya share ke facebook juga tetapi tidak semua. Kalau Pinterest kebanyakan untuk menyimpan wish-list dan mencari ide :p

Aplikasi messenger yang paling sering saya pakai adalah iMessage dan WhatsApp. Kalo iMessage sih bawaan dari ponselnya ya. Kalau WhatsApp rasanya adalah aplikasi paling umum yang digunakan sekarang. Isinya dari grup keluarga, grup pertemanan sampai grup alumni sekolah.

Oh saya juga menginstal Line untuk keperluan belanja online di Indonesia. Sis sis ols kan seringnya pake Line :p. Saya juga mengggunakan BBM. Yang terakhir disebutkan memang khusus di instal karena bos saya lebih suka memakai BBM daripada WhatsApp. Jadi untuk urusan kerjaan saja. Kalo gak karena kerjaan kayaknya saya gak bakalan instal BBM deh. Entah kenapa aplikasi ini selalu buggy, UI nya tidak bagus menurut saya dan membingungkan. Tapi dulu ketika masih memakai Blackberry isu-isu ini tidak pernah muncul. Mungkin karena bukan di ‘induknya’ kali ya, jadi aplikasi ini agak sedikit ganggu ya maaaak. Aduh maap.

2. Muslim Pro.

GooglePlusCover

Ini penting sekali karena di sini gak ada masjid dengan suaraย adzan. Semua masjid di Singapura memang tidak diperbolehkan menggunakan pengeras suara baik untuk menandai waktu sholat atau hal lain. Eh, ini juga berlaku untuk rumah ibadah agama lain lain lho ya. IMHO, this is good ๐Ÿ™‚

Untuk tahu persis waktu sholat, tentu saja aplikasi ini membantu sekali. Tinggal set notifikasi untuk membunyikan adzan atau tidak. Beres deh. Aplikasi ini juga sangat membantu kami di bulan puasa. Kan kalo imsak juga ga ada yang teriak-teriak dari masjid yak :p

Selain penanda waktu sholat, aplikasi ini juga dilengkapi dengan feature penunjuk kiblat, kalender, 99 Asmaul Husna, pelacak masjid terdekat dan Al-quran. Jadi kalo perlu mencari suatu ayat beserta artinya, tinggal ketik di kolom pencari saja. Kita juga bisa set untuk dikirimi random ayat setiap harinya. Jadi tiap jam-jam tertentu, dia akan memberikan notifikasi ke kita untuk membaca ayat tertentu. Ini sama kayak program one day one ayat itu ya ๐Ÿ˜€

3. Clue.

article-2360062-1AC2C278000005DC-872_634x403

Clue adalah aplikasi pencatat waktu menstruasi. Setelah mengisi beberapa detail data, aplikasi ini akan secara otomatis menghitung masa subur, ovulasi dan menentukan kapan menstruasi selanjutnya. Tentu saja ketepatan data bergantung pada kondisi masing-masing individu. Selain mencatat waktu menstruasi, aplikasi ini juga bisa menyimpan kondisi badan dan jadwal minum pil kontrasepsi (jika menggunakan kontrasepsi).

4. Aplikasi transportasi.

Karena kemana-mana menggunakan transportasi umum, maka beberapa aplikasi ini sangat penting untuk kami.

a. Gothere.sg

Mau kemana, dari mana, mau pilih naik taxi, MRT, bus atau kendaraan pribadi, tinggal input aja datanya di aplikasi ini. Aplikasi ini akan memberikan pilihan moda transportasi lengkap dengan jalurnya, harga dan lama perjalanan. Aplikasi ini juga saya anjurkan untuk di instal oleh mereka yang hendak berlibur ke Singapura. Membantu sekali lho!

b. Grabtaxi (di hp D, saya instal aplikasi dari salah satu operator taxi saja)

Untuk memanggil taxi. Oh ya, kalau pesan taxi di Singapura, jangan membuat uncle drivernya menunggu terlalu lama ya. Ketika mereka mengirimkan pesan bahwa mereka sudah dibawah, segeralah turun. Mereka tidak akan suka menunggu terlalu lama. Diomelin loh nanti. Dengan aplikasi ini kita juga bisa cek taxi yang kita pesan susah sampai mana. Jadi bisa siap-siap gitu.

c. SG NextBus

Ini aplikasi untuk mengetahui jadwal bus. Tinggal cari aja halte yang paling dekat, nanti akan muncul beberapa bus yang lewat lengkap dengan perkiraan waktu kedatangan. Jadi kadang nih kalau mau bepergian dengan bus (anter L les nari misalnya), saya cek dulu bus yang saya mau akan datang berapa menit lagi. Jadi bisa di pas in, turun rumah pas bus datang. Jadi gak kelamaan nunggu di halte hehehe. Selama ini aplikasi ini cukup akurat kok. Mungkin karena Singapur jarang macet juga kali ya jadi jadwalnya selalu tepat waktu.

5. Aplikasi olahraga.

a. Running

Aplikasi dari Nike yang populer ini tentu saja menjadi aplikasi wajib ada. Udah paling gampang deh kalo mau lari tinggal nyalain, selesai bisa di share ke berbagai media sosial. Bisa menyimpan jumlah kilometer, ada chart jadi bisa tau siapa paling sering lari diantara teman-teman sekaligus bisa mencatat umur sepatu. Kan katanya kalo udah 500 km, musti gantiiii.

Kebetulan saya juga memakai Garmin sportwatch, tujuannya sih dulu untuk long run, jadi gak perlu nyalain hp dan gps, tinggal pake jam aja gitu, gak ngabisin baterai hp kan jadinya. Nah, si Garmin dan NikeRunning ini bisa dihubungkan juga. Jadi gak usah takut kilometer gak ke record NikeRunning :p *pelari amatir yang tidak mau rugi*

b. MyAsics

Aplikasi ini sama kayak NikeRunning, tetapi biasanya saya pakai kalau mau nyusun jadwal training. Dia bisa build training plan tergantung tujuan kita apa. Well, NikeRunning sekarang juga udah bisa sih, cuma saya masih lebih suka pake MyAsics untuk nyusun training plan.

c. Tabata

Ini sebenarnya hanya timer untuk latihan HIIT. Apa itu Tabata dan HIIT silahkan baca yang ini.

d. Yoga Studio, Omvana dan FocusZen

Yoga Studio tentu saja untuk contekan gerakan yoga. Untuk yang ini biasanya saya cuma berani bagian relaksasi saja, untuk pose-pose yang sulit gak berani, takut salah, gak ada instruktur malah bisa cidera nanti. Kalau Omvana dan FocusZen suka saya pake kalo lagi butuh tenang atau kalo pas gak bisa tidur. Jadi bisa istirahat sambil dengerin musik-musik yang zeeeeen. Namaste \m/

e. Health

Aplikasi bawaan dari Apple ini baru aja dikenalkan. Setelah gak pake Fitbit lagi (yang udah rusak tapi males juga claim garansi), aplikasi ini membantu sekali. Bisa ngitung langkah tiap hari, record body measurement, kualitas tidur dan lain-lain.

6. Evernote

Evernote

Ini sih gaperlu dijelasin lagi kenapa wajib ya. WAJIB pokoknya mah.

Sebagian besar aplikasi yang saya sebutkan tadi juga tersedia di PlayStore. Kalo Windows Phone saya kurang tau. Bisa dicari kalau perlu ๐Ÿ˜€

Semoga membantu ya!

Cheers,

A

p.s:

Klik gambar untuk mengetahui sumbernya.

Advertisements

2 thoughts on “Aplikasi Smartphone yang Wajib Ada

  1. Ini sih sekedar nambahin wacana aja ya..
    Sedang-sedang saja itu ada 2 lagu. Yang pertama Vety Vera, pernah merajai blantika musik dangdut tanah air pada kisaran tahun 90an.
    Nah yang kedua ini mungkin nggak sepopuler Vety tapi cukup menjadi hits pada jamannya terutama di kalangan anak2 Bandung dan sekitarnya. Penyanyinya namanya Iwan. Kalau penasaran silakan cek youtube

    You’re welcome.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s