#MusikJumat – Mocca

Hore gak telat lagi!

Kemaren baca postingan Sazki soal Mocca di sini. Iri seiri-irinya! Terkahir nonton Mocca ya jelas aja pas konser perpisahan mereka, di Jakarta tahun 2011. Waktu itu, Arina (voc) akan meneruskan pendidikan di US. Bukan bubar, hanya vakum, katanya. Terbukti awal tahun ini mereka kembali lagi dengan album baru yang diberi judul Home. Buat saya yang tumbuh bersama Mocca, album ini bukan saja wajib dimiliki karena (tentu saja) ini Mocca, tetapi karena packaging-nya bagus! Layak dikoleksi.

Picture taken from: http://mymocca.com

Saya kenal dengan Mocca sejak SMA. Jaman-jaman masih abg unyu yang masalah hidupnya cuma PR belom dikerjain, ujian belom belajar, jam ke-0 telat, males ikut lari keliling lapangan pas jam olahraga dan pacar yang ngeselin. Ciye. Pacar.

Saya masih ingat sampai sekarang, ketika saya masih kuliah dulu, saya sering mengunci diri dalam kamar kos, memutar lagu-lagu Mocca dan nyanyi di depan kaca sampe puas. Biasanya dilakukan ketika bete. Again, masalah bete saat itu ya tentu saja karena masalah kuliah dan pacar yang ngeselin. Ciye. Pacar. Pacarnya masih sama pun *dibahasss*.

Buat saya, Mocca bukan saja bernyanyi tetapi bercerita. Lirik-liriknya cocok dengan kondisi jiwa-jiwa muda masa itu. Tapi seiring bertambahnya umur (baca: menjadi tua), ternyata saya masih bisa menikmati lagu-lagunya sampai sekarang. Semakin kesini, musiknya juga makin dewasa. Lebih dalem liriknya. Bukan hanya cerita soal keselnya nungguin telpon dari pacar, misalnya. Lagu-lagunya tetap ringan mengenai keseharian, tapi jauh lebih mature.

Album My Diary dirilis ketika saya masih SMA, album ini menemani hari-hari saya sebagai anak sekolahan yang masih bau matahari. Album kedua mereka, Friends, dirilis ketika saya sudah kuliah. Begitu juga dengan album ketiga Colours. Sedangkan Dear Friends, mini album, dirilis kerika saya hamil L. Saya masih ingat betul, waktu saya udah kayak mayat hidup berteman ember di samping tempat tidur karena Hyperemesis, album ini yang menemani saya setiap hari. Diputer sampe jebol deh itu CD. Sedangkan Home dirilis ketika anak saya sudah TK. Gila ya, nemeninnya dari sekolah sampe jadi mamak mamak lho!

Sayangnya mereka memang tidak begitu terkenal di Indonesia. Sama seperti White Shoes and the Couple Company, mereka justru lebih terkenal di luar daripada di kandang sendiri. Tapi dari artikel yang saya baca tadi pagi, Swinging Friends (sebutan untuk pecinta Mocca), justru bertambah sejak mereka vakum sementara. Mereka jugalah yang terus meminta Mocca untuk membuat album baru.

Tadi malam setelah baca ‘liputan kheseus’- nya Sazki soal konsernya, saya langsung beli album barunya di iTunes. Tadinya mau ditahan-tahan tuh, karena mau beli album fisiknya aja. Cuman belom ada yang dititipin bawa dari tanah air. Mau dikirim langsung ke sini kok mahal. Medit amat ya mbak.

Suka gak sama album barunya? Suka lah! Yang paling nyantol di kepala adalah Changing Fate. Yang kedua adalah Home. Selanjutnya, belom. Baru didengerin full hari ini, soalnya. Oh ada dua lagu lama yang dimasukkan di album ini. Bundle of Joy dan Goodnight Song. Suka sekali! Hari ini L mulai bersenandung Goodnight Song, maklum seharian ini iTunes saya cuma mentok di lagu-lagu Mocca aja.

Memilih satu lagu Mocca untuk dimasukkan ke dalam post ini adalah pekerjaan yang sia-sia. Gak ada hasil. Saking bingungnya. Saya suka semua. Saya hafal semua. Jadi ini aja ya. Saya pilihkan kompilasi lagu Mocca yang saya temukan di Youtube. Untuk preview lagu-lagu barunya silahkan meluncur ke iTunes atau search di Youtube, bisa juga.

Selamat berakhir pekan!

Cheers,

A ❤

Note: picture for the featured image taken from: https://rebmagz.wordpress.com/

One thought on “#MusikJumat – Mocca

  1. Ah mb Ajeng.. bikin ingat terakhir nonton live perform mereka *Mocca* di Taman ismail Marzuki sama Float dan Payung Teduh, 4 bulanan yg lalu.. walo duduk ndlosor, tiket pun ngemis2 ke panitia minta dideselin dan bayar berapa aja mau, tetep berakhir syahduuu 😀 #syurhat

Leave a Reply

